Permalink ke Tim Wasev TNI TMMD Kunjungi Tanggamus

Tim Wasev TNI TMMD Kunjungi Tanggamus

11 views

LINGKARINDONESIA.id – Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev)  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 103 kunjungi Kabupaten Tanggamus pada Kamis(8/11).

Wasev TMMD diantaranya Kolonel Laut (P) Zakaria dan Letkol Laut (KH) DJ Marzuki, yang langsung hadir dari Mabes TNI, mereka didampingi Pabandya Wanwil Sterdam II/SWJ, Letkol Inf. Debok Sumantoko, Kasiter Korem 043  Gatam, Letkol Inf. Sahnun dan Mayor Inf. Asrin. 

Kehadiran mereka di Kabupaten berjuluk Bumi Begawi Jejama Tanggamus, disambut oleh Dandim 0424 Tanggamus, Letkol. Arh Anang Hasto Utomo dengan didampingi Wakil Bupati setempat AM. Syafii, Ketua DPRD Tanggamus, Heri Agus Setiawan, serta sejumlah Kepala OPD Tanggamus. 

Dalam sambutanya, Tim Wasev yang di wakili Letkol DJ Marzuki mengaku sangat terkesan atas sambutan yang di suguhkan oleh Pemerintah Daearah melalui Kodim 0424 Tanggamus. Pasalnya, selama sudah Tiga Tahun dipercaya menjadi Tim Wasev dan telah berkeliling Indonesia, baru di Tanggamus, dirinya dapat menaiki langsung Reog yang merupakan Kesenian asal Jawa Timur.  

“Saya sudah keliling Indonesia, dan sudah tiga kali menjadi tim pengawas evaluasi TMMD, dan di Tanggamus ini saya merasa sangat terkesan, karena seumur hidup baru disini saya naik Reog, dan disuguhi berbagai keragaman yang ada di Tanggamus dan menyatu disini,” ungkap DJ Marzuki, Kamis (8/11).

Dirinya juga memberikan apresiasi atas upaya masyarakat Tanggamus Khususnya, yang telah menjaga kemajemukan atar suku bangsa. Sekaligus mampu menjaga dan melastarikan seni budaya yang dimiliki daearah atas salah satu kekayaan dan aset Negara. 

“Ternyata di Tanggamus juga ada kesenian Reog yang setahu saya hanya ada di Jawa Timur, hal ini menunjukan bahwa di Tanggamus terdapat berbagai macam suku dan bisa bersatu dan berkembang dengan baik, dan itulah NKRI yang seutuhnya,” kata Dia.

Kehadiran tim Wasev di Pekon Argopeni, berbarengan dengan kegiatan lomba mewarnai tingkat Sekolah Dasar. Kesempatan itu Tim Sasev gunakan untuk mencoba memberikan Hadiah kepada para peserta, dengan cara mengajukan beberapa pertanyaan, diantaranya bunyi Sila dari Pancasila yang berupakan Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

“Luar biasa, berarti semua anak disini hapal Pancasila, yang dipanggil 5 anak dan yang maju 10 orang, kami sangat apresiasi dengan dukungan dan antusias masyarakat disini dengan program TMMD ke 103 tahun 2018 ini,” ujar DJ Marzuki. 

Terkait dengan peroses pengerjaan Fisik dan Non Fisik yang kini tengah berjalan melalui TMMD, DJ Marzuki memiliki penilaian sendiri, atas pengerjaan yang dilakukan oleh Satgas TMMD dibawah komando Kodim 0424 Tanggamus. 

“Setelah kami cek semua, kami sampaikan salut dengan Satgas TMMD Kodim 0424 Tanggamus, bahkan dari laporan Dandim tadi, dari seluruh pekerjaan yang diprogramkan dalam TMMD ini, hampir semuanya selesai dan menyisakan jarak waktu yang cukup panjang, dan semoga yang dilakukan Satgas TMMD disini bermanfaat dan meninggalkan kesan yang baik dimasyarakat,” harapnya.(Odo)