Permalink ke Selewengkan Dana Pengadaan, Mantan Sekretaris Dishub Pesawaran Dihukum 18 Bulan Penjara

Selewengkan Dana Pengadaan, Mantan Sekretaris Dishub Pesawaran Dihukum 18 Bulan Penjara

19 views

LINGKARINDONESIA.id – Ponirin, mantan sekretaris Dinas Perhubungan Pesawaran, dijatuhi vonis 18 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Kelas IA Tanjungkarang, Kamis (1/11/2018).

Majelis hakim yang dipimpin Syamsudin menilai Ponirin secara sah terbukti menyelewengkan dana pengadaan kapal.

“Terdakwa dinyatakan telah terbukti dalam persidangan dan melanggar Pasal 3 Jo Pasal 18 ayat (1) UU RI Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan TindaK Pidana Korupsi. Untuk itu, terdakwa Ponirin dijatuhi hukuman satu tahun enam bulan, dengan denda yang harus dibayar sebesar Rp 50 juta subsider enam bulan kurungan penjara,” ujar Majelis Hakim.

Atas putusan tersebut Jaksa Penuntut Umum (JPU), Bangga Prahara menyatakan terima. Sementara terdakwa juga menyatakan menerima putusan hakim.

Sebelumnya, terdakwa Ponirin dituntut oleh JPU di hadapan Majelis Hakim dengan pidana penjara selama satu tahun dan sepuluh bulan dengan denda sebesar Rp50 juta subsider enam bulan kurungan penjara.

“Namun terdakwa telah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 86 juta. Tapi ada hal yang memberatkan yakni terdakwa sempat menjadi DPO selama tiga bulan, dengan alasan sebelum kabur karena sakit,” kata JPU.

Lanjut JPU, terdakwa bersama empat terdakwa lain yakni Maddawami mantan kepala Dishub Pesawaran, Abu Chalifah, Cendra Hadi, dan Sri Andawati (Dakwaan terpisah) melakukan tindak pidana korupsi sehingga merugikan negara sebesar Rp 341 juta.

Ponirin menyelewengkan jabatannya sebagai Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran dengan mengatur sedemikian rupa agar proyek kapal tersebut dimenangkan oleh CV R-R Jaya dari delapan perusahaan lelang.

“Tapi setelah audit ternyata CV R-R Jaya tidak memenuhi kriteria bahkan tidak memiliki perlatan untuk pengerjaan kapal,” ujarnya. (*/Li-2)