Permalink ke Samsul Hadi Ingin Wujudkan Tanggamus Berbudaya, Infrastruktur Bagus

Samsul Hadi Ingin Wujudkan Tanggamus Berbudaya, Infrastruktur Bagus

325 views

LINGKARINDONESIA.id – Pasangan calon bupati dan wakil bupati Tanggamus, Samsul Hadi – Nuzul Irsan terus melakukan pendekatan.

Bahkan, dalam melakukan pendekatan paslon nomor urut dua ini memaparkan visi misinya dalam membangun Kabupaten Tanggamus.

Menurut dia, visi misi yang akan dijalankan adalah memprioritaskan program pembangunan infrastruktur yang berdekatan dengan jalur pendidikan.

Demikian dikatakan Paslon SAM-NI dalam kampanye tatap muka di Pekon Kalirejo, Kecamatan Wonosobo, Tanggamus, Rabu (14/3/2018).

“Setiap pekon masalahnya berbeda-beda Ini yang kami tampung, jika nantinya terpilih akan kita realisasikan,” katanya.

Selain itu, lanjut mantan Wakil Bupati Tanggamus ini, masalah Sumber Daya Manusia (SDM), terutama dibidang pendidikan juga harus di kedepankan. Bahkan, salah satu dalam visi misi itu, pihaknya akan memprogramkan sekolah gratis terutama kepada siswa yang tidak mampu.

“Karena masyarakat itu butuh kesejahteraan, apalagi mereka yang masih mengenyam pendidikan itu tanggungjawab pemerintah,” terangnya.

Konsep sejahtera, lanjut dia, diawali dari SDM itu terlebih dahulu maka konsep Sejahtera Ekononis Humanis Agamis Tertib dan Inopatif (SEHATI) akan dirasakan seluruh masyarakat di Tanggamus. Selain itu, Kabupaten Begawi Jejama ini ditargetkan menjadi lumbung perekonomian baik dalam bidang kesehatan, pertanian, peternakan, dan kelautan.

“Tanggamus ini mempunyai potensi alam yang begitu melimpah, hanya dalam pengelolaannya kurang dilakukan secara maksimal. Nah, dengan SAM-NI ini lah maka semua itu akan terwujud,”ucapnya.

Selain itu, Samsul Hadi juga ingin Tanggamus menjadi Kabupaten yang berbudaya. Menurut dia kebudayaan adalah hasil dari peradaban yang dibangun oleh masyarakat dalam suatu wilayah. Kebudayaan juga dapat dimaknai sebagai identitas suatu bangsa.

Mengingat pentingnya kebudayaan tersebut dalam berbangsa dan bernegara, pasangan calon Bupati Tanggamus nomor urut 2 (dua) yakni, Samsul Hadi yang berpasangan dengan Nuzul Irsan (SAM-NI) memasukan kebudayaan sebagai salah satu program kerja.

“Kebudayaan ini penting, ia (kebudayaan) dapat menggambarkan sejauh mana peradaban dan bagaimana karakter sebuah masyarakat, ucapnya.

Samsul Hadi menjelaskan bahwa adat dan budaya harus tetap eksis di Tanggamus. 

“Di Tanggamus ini tidak hanya satu suku saja, ada lampung, jawa, Bali, batak, padang, semendo dan lain sebagainya. Kedepan para tokoh adat akan diberikan ruang untuk mempromosikan kebudayaannya dalam membangun tanggamus sebagai daerah yang berbudaya,” terangnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat setempat, Suharno mengaku, masyarakat selama ini sudah bosan dengan janji-janji manis.
Menurut dia,  saat ini masyarakat menginginkan adanya perubahan yang lebih baik, dan mengharapkan kedepan keamanan, pendidikan dan adat istiadat khususnya seni budaya daerah juga diperhatikan.

“Jika memang semua yang diutarakan itu benar-benar akan direalisasikan maka kami warga Kalirejo siap memenangkan SAMNI di pilkada Tanggamus 27 Juni 2018,” tutupnya. (*)

Laporan : Iponk