Permalink ke Polda Metro Jaya Tangkap Anak Penjual Blanko e-KTP Lewat Online

Polda Metro Jaya Tangkap Anak Penjual Blanko e-KTP Lewat Online

35 views

LINGKARINDONESIA.id – Jajaran Polda Metro Jaya menangkap DID atau NID, anak mantan kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulang Bawang. Dia diringkus karena menjual blangko KTP elektronik (KTP-el) secara daring.

“Memang dia itu mengambil blangko KTP-el tanpa izin dari orang tuanya, enggak ada pamit untuk memintanya. Jadi memang ambil sendiri,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Selasa, (11/12/2018).

Argo menjelaskan DID dibekuk pada Senin, (10/12/2018) di Lampung. Dan saat ini pelaku telah ditahan di Mapolda Metro Jaya.

“Blangko yang dijual itu benar-benar merupakan blangko yang kosong,” tukas Argo.

Dijelaskan Argo berdasarkan penlusuran, blangko-blangko e-KTP tersebut melalui toko online Tokopedia. Dan setelah ditelusuri ternyata ia memiliki banyak akun di toko online tersebut.

“Tentunya tidak hanya satu akun yang memasarkan. Ada lebih dari satu akun di sana,” ujarnya.

Namun saat ini pihaknya masih terus mendalami kasus ini dan masih terus mencari tahu online shop lain yang kemungkinan digunakan oleb NID saat menjual blanko e-KTP ini.

“Ada tiga ya, sementara itu. Sedang kita cek kembali akun-akun yang memasarkan blanko e-KTP itu kita masih mendalami,” terangnya.

NID sendiri diketahui merupakan anak dari pejabat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tulang Bawang, Lampung.

“Jadi awalnya bahwa yang bersangkutan ini meminta mengambil blangko e-KTP tanpa izin dari orang tuanya kemudian dia browsing atau dia jual di media online,” katanya.

Oleh karena itu, saat ini pihak Polda Metro Jaya tengah mendalami terkait motif dari NID menjual blanko e-KTP secara online dan dijual dengan harga Rp 50 ribu per eksemplar.

“Jadi dia udah sempet menyebarkan 10 eksemplar dan diharga satunya Rp 50 ribu dan sekarang masih ditangani penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya,” ucapnya.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, saat ini NID sudah ditahan di Rutan Polda Metro Jaya.

“(NID) dijerat dengan Undang-Undang ITE dan Administrasi Kependudukan,” tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan bila penjual blangko KTP elektronik adalah anak dari mantan kepala Disdukcapil di Lampung. Tjahjo memastikan tak ada masalah serius akibat penjualan blangko secara ilegal tersebut.

“Si anak yang menjual ini mencuri blangko KTP-el ayahnya,” kata Tjahjo. (*/Li-1)