Permalink ke Pengganti Antonius, KPU Tanggamus Tunggu Putusan KPU Provinsi

Pengganti Antonius, KPU Tanggamus Tunggu Putusan KPU Provinsi

96 views

LINGKARINDONESIA.id – Paska dilantiknya Komisoner KPU Tanggamus, Antonius sebagai anggota KPU Lampung tambahan periode 2014 – 2019, KPU Tanggamus menyatakan masih menunggu arahan dari KPU Lampung.

Demikian diungkapkan Anggota KPU Tanggamus, Hayesta. F Imanda pada Kamis (16/8).

Menurut Hayesta, atas terpilihnya Antonius sebagai anggota KPU  Lampung, dirinya menyerahkan kewenangan pergantian antar waktu (PAW) komisioner kepada KPU Provinsi Lampung.

“Pihak yang menentukan komisioner di KPU kabupaten adalah KPU provinsi. Maka penunjukan pengganti diserahkan ke KPU Lampung, kapan waktunya terserah KPU Lampung,” ucap Hayesta.

Hayesta mengaku, pada saat hasil dari rekrutmen akhir seleksi di KPU Lampung, sedikitnya ada 10 peserta calon komisioner KPU Tanggamus yang dianggap layak. Selanjutnya KPU Lampung memutuskan dan menetapkan lima orang yang menjadi komisioner saat ini, dimana salah satunya adalah Antoniyus. 

Sementara sisa lima peserta lainnya,  dicadangkan sebagai pengganti dari kelima Komisioner  yang saat ini bekerja, apabila dipandang perlu untuk digantikan, seperti yang terjadi saat ini(calon pengganti Antoniyus)  dalam masa periode 2014 – 2019 Kelima nama tersisa itu yakni, Nasir Hasan, Akmaluddin, Edi Badriansyah, Mastang dan Tamri, dapat berpeluang menggantikannya. 

Namun untuk Mastang tidak bisa jadi komisioner KPU, karena saat ini sudah menjadi bacaleg dari salah satu partai politik. Sedangkan atas nama Tamri pun, saat ini sudah ditetapkan menjadi anggota Bawaslu Lampung, meski Tamri masih mungkin jadi komisioner KPU, karena statusnya di luar partai politik, dan kini terkategori penyelenggara pemilu.

Sedangkan nama yang masih kosong jabatan terkait kepemiluan, yakni Nasir Hasan, Akmaludin, dan Edi Badriansyah. Salah satu dari mereka akan ditunjuk KPU Lampung untuk calon anggota KPU Tanggamus menggantikan Antoniyus.

Sementara, Antonius saat dikonfirmasi menyatakan akan bekerja sepenuhnya dan akan selalu amanah.

“Ini amanah yang mengharuskan saya bisa berkiprah atau berbuat lebih baik lagi. Kawan-kawan saya di Tanggamus adalah tim yang solid. Dan saya yakin sepeninggalan saya ke provinsi, tidak akan membuat pekerjaan di Daerah terbengkalai atau kurang bagus,” kata Antoniyus, seraya berharap adanya dukungan dari semua pihak atas posisinya saat ini.(Odo)