Permalink ke Pemkab Pringsewu Bersama YKWS Workshop Penyusunan Peraturan Pekon Soal STBM

Pemkab Pringsewu Bersama YKWS Workshop Penyusunan Peraturan Pekon Soal STBM

81 views

LINGKARINDONESIA.id – Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) bersama Pemerintah Kabupaten Pringsewu, menggelar Workshop Penyusunan Peraturan Pekon tentang STBM di Kabupaten Pringsewu yang digelar di Aula Pertemuan Hotel Regency Selasa (24/4).

Workshop digelar berdasarkan hasil konsultasi yang telah dilakukan oleh pihak YKWS dengan Pemkab Pringsewu sebagai tindak lanjut kegiatan pasca ODF. Selain itu juga, yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) adalah lembaga yang bergerak di bidang pengelolaan sumber daya air sebagai upaya mewujudkan pengelolaan sumber daya air secara terpadu di Daerah Aliran Sungai (DAS) Seputih dan Sekampung, dari hulu sampai ke hilir.

“Maka dari itu YKWS melakukan pendampingan dalam pengembangan hutan rakyat, pengembangan energi terbarukan dan pengembangan ekonomi kerakyatan melalui kelembagaan koperasi di beberapa kabupaten di Provinsi Lampung, yaitu antara lain di wilayah Lampung Tengah, Lampung Timur, Tanggamus, Lampung Utara dan termasuk Pringsewu,” kata Febrilia Ekawati mewakili pihak YKWS saat mengisi acara workshop peraturan pekon/desa tentang STBM.

Febri menjelaskan, lembaga ini mempunyai visi untuk mewujudkan pengelolaan sumber daya air terpadu berbasis masyarakat terutama di DAS Way Seputih dan DAS Way Sekampung. Selain itu juga tujuan diadakannya workshop ini adalah meningkatkan pemahaman kepala pekon akan pentingnya regulasi dalam mempertahankan kondisi ODF dan implemtasi lima pilar STBM dan menyusun rumusan bersama tentang kondisi ODF yang eksis sehingga bisa menjadi bahan untuk penyusunan peraturan pekon.

“Keluaran Workshop adalah adanya peningkatan kapasitas dari peserta (kepala pekon) dalam penyusunan peraturan pekon dan adanya kesepakatan bersama para pihak (kepala pekon) dalam penetapan Peraturan Pekon tentang STBM”, ujarnya.

Workshop dihadiri oleh beberapa kepala OPD terkait sanitasi dan APDESI Kecamatan se – Kabupaten Pringsewu., dan tampak hadir Tri Haryono selaku Kepala Bidang Pembangunan dan Pengembangan Dinas PMP Pringsewu. (PAN)