Permalink ke Pelajar SMP Negeri 4 Pringsewu Sukses Gelar Market Day

Pelajar SMP Negeri 4 Pringsewu Sukses Gelar Market Day

17 views

LINGKARINDONESIA.id – Pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Kecamatan Pringsewu untuk yang pertama kalinya merealisasaikan gelar program ‘Market Day’ dilingkungan kampus setempat.

Market Day dengan tema ‘Wujudkan generasi aktif dan mandiri bersama lingkungan’, dibuka sejak pukul 07.30 hingga 09.30, Rabu (7/11).

Dengan menyedikan sekitar 25 lapak dagangan aneka pangan dan jajanan tradisional serta aneka kerajinan yang semua itu karya siswa-siswi SMPN 4 Pringsewu kelas VII, VIII dan IX juga pakaian layak pakai.

Agenda itu diselingi aneka kreativitas seni dan budaya pelajar setempat seperti Band Si Kembar Zaka-Zakin dan permainan tradisional lainnya. Sedang konsumennya merupakan utusan pelajar SMP dan SD sekitar kecamatan Pringsewu juga warga di sekitar kampus SMPN 4.

Bahkan pada pembukaan itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi didampingi Kadis PPPAPPKB Kabupaten Pringsewu Nazri, Kepsek SMPN 4 Rahmanto, meninjau satu persatu lapak dagangan siswa yang menjual aneka panaganan jajanan yang higenis  diteras kelas masing-masing.

Kadisdikbud menyempatkan berbelanja dagangan yang disinggahi itu mulai dari harga Rp 1000 sampai Rp5000 hingga tidak terasa mengeluarkan dana ratusan ribu.”Hampir semua lapak, saya membelinya, mulai jajanan ringan hingga makanan pecel lontong dan sate,”ujarnya.

Heri Iswahyudi mengaku bangga dan mengapresiasi kegiatan Market Day yang di gelar perdana di SMPN 4 Pringsewu.”Semoga agenda ini dapat digelar rutin, atau minimal tiga hingga enam bulan sekali. Saya juga berharap agenda positif ini juga bisa diikuti sekolah lainnya,”harapnya.

Menurutnya, Market Day merupakan pembelajaran bagi para siswa-siswi untuk belajar berinovasi dalam berbisnis dan berwira usaha jual beli.”Saya yakin, ini pembelajaran yang sangat baik, karena bakal merupakan sebagai bekal kehidupan dimasa mendatang agar menjadi wira usaha yang sukses,”ungkap Heri Iswahyudi.

Kepala SMPN 4 Pringsewu Rahmanyo memaparkan, agenda ini akan dilaksanakan minimal enam bulan sekali.

“Kita tinggal melihat perkembangan dan antusias para siswa-siswi dan para pembelinya, jika memungkinkan, kita laksanakan tiga bulan sekali,”jelasnya.

Menurutnya program ini merupakan salah satu pembelajaran ilmu non akademik yakni menerapkan pendidikan kecakapan hidup dan literasi keuangan kususnya para siswa-siswinya.Yakni bagaimana cara metode berjualan yang baik, membukukan dan menganalisis dagangan laku dan tidak laku.

“Namun yang lebih penting lagi memberi pembelajaran yang baik,  ternyata betapa sulitnya untuk memperoleh uang, yang selama ini hanya minta dari orang tuanya,”ujar Rahmanto. (*/Li-2)