Permalink ke KPU Putuskan Lampung Tengah Tetap Lima Dapil

KPU Putuskan Lampung Tengah Tetap Lima Dapil

493 views

LINGKARINDONESIA.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) memutuskan Lampung Tengah tetap lima daerah pemilihan (dapil) pada Pemilu 2019.

Meski demikian, kesepakatan dalam Rakor Forum Uji Publik tentang Draf Penataan Dapil dan Alokasi Kursi DPRD pada Pemilu 2019 di Sparks Convention Hotel Lampung ini ada perubahan alokasi kursi DPRD.

Ketua KPU Lamteng Budi Hadi Yunanto yang memimpin rakor mengatakan pihaknya masih terus melakukan pendataan mata pilih.

“Kita masih lakukan tahapan coklit hingga hari ini untuk meningkatkan mata pilih. Terutama bagi pemilih pemula. Kita pastikan hak-hak pemilih dapat dijaga dengan baik,” katanya.

Dari hasil kajian terkait pembagian dapil, kata Budi Hadi Yunanto, telah disepakati tetap lima dapil dalam Pemilu 2019.

“Sudah sepakat tetap lima dapil. Tapi, ada perubahan alokasi kursi DPRD di dua dapil dari sebelumnya. Yakni dapil I menjadi 10 kursi dari 11 kursi dan dapil V menjadi 10 kursi dari 9 kursi,” ungkapnya.

Hasil kesepakatan dalam rakor ini, kata Budi, akan diteruskan ke KPU Lampung untuk selanjutnya diteruskan ke KPU Pusat.

“Hasil kesepakatan ini akan dilaporkan ke KPU Lampung. Nanti KPU Lampung yang meneruskan ke KPU Pusat,” ujarnya.

Anggota KPU Lamteng Divisi Data dan Program Mutmainah mengatakan bahwa kesepakatan lima dapil ini telah memenuhi tujuh prinsip penataan dapil.

“Dari masukan yang telah dibahas sebelumnya, Lamteng masih ideal lima dapil dengan total penduduk 1.468.875 jiwa,” ungkapnya.

Ditanya tujuh prinsip apakah yang digunakan dalam penataan dapil, Mutmainah mengatakan prinsip kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu, proposionalitas, dan integralitas wilayah.

“Kemudian prinsip berada dalam satu wilayah yang sama, kohesivitas, dan kesinambungan,” paparnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Lamteng A. Azhar mewakili Bupati Mustafa mengatakan, pentaaan dapil yang disepakati sudah sesuai aturan perundang-undangan.

“Sudah sesuai aturan undang-undang. Jumlah mata pilih dan penduduk sudah cocok. Meskipun ada sedikit perdebatan, tapi hal ini sudah dalam kajian,” katanya.

A. Azhar berharap setelah ditentukan jumlah dapil dan alokasi kursi DPRD ini para calon maupun parpol bisa bersiang sehat.

“Kita harapkan bisa bersaing sehat dalam meraih suara,” ungkapnya.

Dalam rakor kemarin dihadiri tiga anggota KPU Lamteng lainnya, yakni Doddy Syakhrun Tandjung, Siti Khodijah, dan Irawan Indrajaya. Hadir juga Ketua PWI Lamteng Gede Putu K, anggota Panwaslu Edwin Nur, serta perwakilan parpol, Dandim 0411/LT, dan Polres Lamteng.(san/wws)