Permalink ke KPU Luncurkan Maskot Pemilu 2019, Bernama Sang Sura

KPU Luncurkan Maskot Pemilu 2019, Bernama Sang Sura

350 views

LINGKARINDONESIA.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) meluncurkan maskot untuk pemilu 2019 di lapangan Silang Monas Timur, Sabtu malam (21/4/2018).

Dalam peluncuran yang dimulai pukul sekitar 19.30 WIB ini juga dimeriahkan dengan pagelaran seni budaya dengan penampilan sejumlah artis ibu kota seperti Kikan, Wali, Parto Patrio, Andhika Pratama, Aziz Gagap, Deni Cagur, dan Nunung

“Pada hari ini juga kita meluncurkan maskot dan jingle pemilu 2019. Maskotnya adalah Sang Surat itu singkatan dari Sang Surat Suara, sementara jingle pemenangnya bertema Pemilu Berdaulat, Negara Kuat,” Ketua KPU Arief Budiman.

Oleh karena itu, Arief juga menimbau kepada masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya dalam memilih pemimpin di Pemilu 2019.

“Gunakan hak pilih anda untuk memilih pemimpin yang terbaik,” ucapnya.

Dikatakan Arief, maskot pemilu 2019 bernama Sang Sura ini merupakan karya David Wijaya.

Sang Sura, kata Arief adalah singkatan dari Sang Surat Suara. Karakter maskot berbentuk surat suara berikut dengan paku pencoblosan.

KPU menilai Sang Sura mempunyai kesan tegas dan ramah. Garis-garis atau goresan yang tebal mewakili tegas dan kuat. Sedangkan ekspresi yang optimistis dan penuh semangat mewakili sifat ramah.

“Kalau mau Indonesia kuat, maka pemilihnya harus berdaulat. Pemilih yang berdulat harus dilindungi hak pilihnya,” kata Arief.

KPU memperkenalkan 20 partai politik peserta pemilu saat acara baru dimulai. KPU memperkenalkan dengan mengibarkan satu persatu bendera partai politik. Terlihat hampir semua anggota KPU yang jadir menggunakan pakaian adat, termasuk Arief.

Sedangkan jingle pemilu 2019 berjudul Pemilih Berdaulat Negara Indonesia Kuat karya L. Agus Wahyudi. Dari jingle tersebut, Eros Sheila On 7 mengaransemen ulang. Mantan vokalis Cokelat, Kikan, menyanyikan lagu tersebut.

Lirik jingle ini menunjukkan semangat dan optimisme pada kesuksesan pemilu 2019. Adapun KPU akan menyelenggarakan pemilu serentak pada 17 April 2019.(*/Li-1)