Permalink ke KPU Lampung Ajak Ormas dan LSM Kampanye Anti Politik Uang dan Anti Hoaks

KPU Lampung Ajak Ormas dan LSM Kampanye Anti Politik Uang dan Anti Hoaks

12 views

LINGKARINDONESIA.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung, menggelar forum diskusi bersama Ormas dan LSM/NGO di aula KPU setempat, Kamis (8/11/2018).

Kegiatan bertajuk sinergisitas KPU dengan Ormas itu dihadiri dari Lembaga perempuan Damar, PW Nasyiatul Aisyiyah, Fatayat NU, FKUB Lampung, Karang Taruna, GP Anshor, IPM, Pemuda Muhammadiyah,  dan beberapa ormas dan NGO lainnya.

Anggota KPU Lampung Divisi Sosialiasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat, Antoniyus mengatakan diskusi tersebut digelar dalam rangka membangun sinergi antara KPU dgn Ormas dan NGO/LSM untuk mewujudkan Pemilu 2019 yang damai dan berkualitas.

“Ormas dan LSM itu memiliki jejaring dan konstituen atau basis massa yang banyak, harapannya nanti lembaga atau kelompok ini bisa menjadi mitra KPU dalam mensosialisasikan semua hal terkait dengan kepemiluan” ujar Antoniyus.

Menurut Antoniyus, pendidikan politik bukan hanya menjadi tugas penyelenggara pemilu, partai politik dan pemerintah saja namun juga membutuhkan keterlibatan lembaga atau ormas dan LSM.

“Banyak sekali forum atau kegiatan2 yang dilakukan oleh lembaga2 terzebut yang bisa dimanfaatkan oleh KPU untuk mensosialisasikan tahapan atau informasi2 kepemiluan seperti hari dan tanggal pelaksanaan pemilu 2019, jumlah surat suara yg harus dicoblos, syarat menjadi pemilih, termasuk informasi peserta pemilu dan calon-calonnya” ujar Antoniyus.

Antoniyus juga berharap agar ormas dan NGO bisa membantu KPU untuk  mengkampanyekan gerakan anti politik uang, anti politisasi SARA dan menghindari ujaran kebencian atau hoaks terutama kepada konstituen atau pengurus dan anggota lembaganya. (ril/Li-2)