Permalink ke KPU : Calon DPD dari Lampung Minimal 3000 Dukungan Pemilih

KPU : Calon DPD dari Lampung Minimal 3000 Dukungan Pemilih

393 views

LINGKARINDONESIA.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung Nanang Trenggono mengatakan, bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada pemilu 2019, minimal harus mengantongi 3.000 dukungan.

“Untuk jumlah dukungan paling sedikit 3.000 pemilih dengan jumlah sebaran minimal di 8 Kabupaten/Kota,” ujar Nanang, saat memberikan sambutan dalam acara sosialisasi pencalonan perseorangan perserta DPD RI di Hotel Bukit Randu, Bandar Lampung, Rabu (4/4/2018).

Menurut dia, dapil Lampung ada 4 kursi yang tersedia untuk anggota DPD RI.

Oleh karenanya, pihaknya membuka pintu seluas-luasnya kepada tokoh-tokoh masyarakat untuk berkonsultasi dan melakukan pendaftaran di sekretariat di KPU.

“Harapan kita, DPD yang betul-betul amanah dan menjadikan Lampung lebih baik. Bukan jamannya lagi cuma sekedar formalitas duduk sebagai tokoh,” ujarnya.

Dijelaskan Nanang Trenggono, untuk pencalonan DPD RI, KPU Lampung membuka pendaftaran penyerahan dukungan pada tanggal 22-26 April 2018 mendatang.

Dilanjutkan Nanang, dukungan tersebut semua warga masyarakat yang sudah terdaftar di pemilihan suara, minimal umur 17 tahun, atau sudah menikah.

“Yang dilarang memberikan dukungan adalah ASN, TNI Polri, Kepala Desa dan perangkat desa,” jelasnya.

Setelah penyerahan dokumen itu, kemudian dilakukan verifikasi yakni 27 April-10 Mei, setelah itu jika lulus persyaratan, KPU lakukan coklit survei, pencocokan dengan KPU kabupaten /kota.

“Kita sudah bentuk tim help desk untuk DPD RI ini, Nanti akan kita bentuk lagi tim lanjutan,” ucapnya. (*/Li-1)