Permalink ke KPK Tahan Ketua DPRD Malang

KPK Tahan Ketua DPRD Malang

170 views

LINGKARINDONESIA.id – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menahan Ketua DPRD Malang Abdul Hakim atas kasus suap APBD Perubahan tahun 2015.

Selain Abduk Hakim, anggota DPRD Malang Imam Fauzi juga ditahan KPK.

“Saya selaku ketua DPRD pengganti, Kota Malang harus tetap jalan. Apa pun situasinya, penduduk Kota Malang harus tetap bisa membangun. Kemudian mudah-mudahan ini skenario terbaik dari Allah. Bukan skenario manusia,” kata Abdul Hakim di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (6/4/2018).

Kepada wartawan, Abdul Hakim yang mengenakan rompi oranye berharap kondisi di Malang tetap kondusif.

“Kota Malang tetap kondusif, tetap membangun untuk Kota Malang yang lebih apik, apik, apik, dan bermartabat,” ujarnya.

Namun, saat ditanya apakah akan mundur dari posisi anggota legislatif, keduanya tak menjawab. Abdul dan Imam langsung masuk ke mobil tahanan.

Penahanan keduanya disusul oleh 3 anggota DPRD Kota Malang lainnya. Tak berselang lama, 2 rekan mereka juga turun dari ruang penyidikan. Salah satunya Sulik Lestyowati, yang meminta maaf sambil menangis.

“Kita buktikan nanti di persidangan. Mohon maaf,” ujar Sulik, yang mengenakan kerudung biru gelap, sambil menangis.

Sementara itu, Tri Yudiani, yang mengenakan kerudung ungu di belakangnya, bungkam. Penahanan mereka juga disusul oleh Syaiful Rusdi, yang juga hanya diam.

Kelima tersangka ini ditahan selama 20 hari. KPK menahan kelimanya di 2 rutan.

“Kelima tersangka ditahan selama 20 hari. SL (Sulik Lestyowati) dan TY (Tri Yudiani) akan menghuni Rutan Pondok Bambu, sementara ABH (Abdul Hakim), IF (Imam Fauzi), dan SR (Syaiful Rusdi) ditahan di Rutan KPK Cabang Pomdam Jaya Guntur,” ujar Febri.(*/Li-1)