Permalink ke Kompak Datang ke Lampung, Jokowi Nanti Malam, Prabowo Besok Pagi

Kompak Datang ke Lampung, Jokowi Nanti Malam, Prabowo Besok Pagi

38 views

LINGKARINDONESIA.id – Belum genap dua pekan Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengunjungi Lampung, dipastikan akan kembali datang ke Lampung.

Kedatangan calon presiden nomor urut 01 itu direncanakan akan membuka Silaturahmi Kerja Nasional (Silaknas) ke-28 ICMI yang di gelar di Mahligai Convention Centre Pascasarjana Universitas Bandar Lampung (UBL), Kamis (6/12) malam nanti.

Ketua ICMI Organisasi Wilayah Lampung, M Yusuf Sulfarano Barusman, mengatakan, Jokowi sudah dipastikan akan membuka Silaknas ICMI.

“Tim pusat seperti Sekretaris Presiden, Protokol Presiden, dan Paspampres telah melakukan pemantapan. Jadi dapat dipastikan Presiden Jokowi akan membuka acara temu cendekiawan berskala internasional ini,” kata Yusuf saat ditemui di sela-sela gladi resik di UBL, Rabu (5/12).

Dilanjutkan Yusuf, selain Presiden Jokowi, dipastikan juga akan dihadiri Prabowo Subianto.

Prabowo, yang menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Penasihat ICMI, didapuk menjadi pembicara pada Jumat (7/12) pagi.

“Termasuk tokoh lainnya. Ada Pak Ma’aruf Amin dan Pak Sandiaga Uno juga sebagai anggota ICMI akan datang,” ujarnya.

Menurut dia, Prabowo, Sandiaga, dan Ma’ruf sejauh ini menyatakan bersedia hadir.

Namun, ia tak bisa memastikan hasil konfirmasi akhir dari para “aktor” Pilpres tersebut.

“Dilihat saja besok ya. Pak Prabowo bersedia tapi belum konfirmasi terakhir,” kata Yusuf.

Ia menambahkan, Prabowo akan menjadi pembicara pada Pleno IV tentang Demokrasi Politik dan Ekonomi yang Adil, Beradab dan Bermartabat sekitar pukul 10.00 WIB.

Topik yang sama juga menjadi panggung bersama bagi Ma’ruf dan Sandiaga pada sesi Pleno VI, JumatĀ 
sore.

Sekretaris ICMI Lampung, Khomsahrial Romli, mengatakan, Silaknas ke-28 tersebut akan dibarengi deklarasi Ikatan Cendikiawan Muslim se-Asia Tenggara (ICMA) yang dihadiri 11 negara, termasuk Timor Leste.

Selain itu, lanjut Khomsahrial, pertemuan tahunan ICMI ini juga dihadiri 1.000 peserta dari seluruh Indonesia.

Rencananya tokoh-tokoh yang hadir yakni Jimly Asshiddiqie, Ahmad Riza Patria, Joko Widodo, BJ Habibie, Dato’ Seri Anwar Ibrahim.

Ada juga Zulkifli Hasan, Prabowo Subianto, Ma’ruf Amin, dan Sandiaga Uno.

“Selanjutnya Silaknas akan ditutup oleh M Jusuf Kalla,” kata Dekan Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Raden Intan Lampung itu, Kamis.

Khomsahrial menjelaskan, ICMI memperjuangkan visi misi untuk semua umat, termasuk tokoh-tokoh cendekiawan.

Rekomendasi yang akan dihasilkan dalam Silaknas ICMI, sambung dia, antara lain seputar pembangunan demokrasi, ekonomi, kebudayaan, politik, sosial kemasyarakatan, hukum, dan lainnya.

Dewan Penasehat ICMI Orwil Lampung, Sugeng P Harianto, menambahkan, ICMI merupakan kumpulan dari para cendekiawan muslim dan dari berbagai ilmu.

“Kami memberikan sumbangan ilmu, itu yang terpenting. Tetapi yang paling penting adalah NKRI itu harga mati,” kata Sugeng, Rabu.

Meski saat ini merupakan tahun politik, Sugeng menegaskan, ICMI tidak berkonsentrasi mengenai agenda politik.

“Kami tidak peduli siapa pun presidennya. Yang penting pembangunan terus berjalan. Kami harus memberikan masukan kepada calon-calon presiden dan presiden yang akan terpilih nantinya. Ini yang harus kami kerjakan,” tegas Sugeng.

Sugeng juga menambahkan, terpilihnya Lampung sebagai tempat Silaknas karena banyak cendekiawan di Bumi Ruwa Jurai yang bisa memberikan sumbangsih saran dan ilmunya bagi pembangunan Indonesia.

“ICMI ini kan banyak cendekiawan, jadi harus memberikan masukan banyak-banyak. Baik itu dari ekonomi, pertanian, kehutanan dan yang paling penting adalah kesempatannya di Lampung. Kenapa di Lampung, karena Lampung juga mampu untuk ikut membangun NKRI, itu yang paling penting,” tandas Sugeng.

Kehadiran Jokowi juga dipastikan Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Lampung Bayana, Kapenrem 043/Garuda Hitam Mayor Czi I Made Arimbawa, dan Kepala Biro Operasional Polda Lampung Kombes Pol Yosi Hariyoso. (*/Li-1)