Permalink ke Jumlah DPS Pileg 2019 di Tanggamus Capai 449.098 Pemilih

Jumlah DPS Pileg 2019 di Tanggamus Capai 449.098 Pemilih

202 views

LINGKARINDONESIA.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tanggamus telah menggelar rapat pleno penetapan daftar pemilih sementara (DPS) pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019 di kantor KPU setempat.

Dalam Rapat Pleno sendiri, dihadiri para anggota KPU Tanggamus, anggota Panwaslu, yakni Ali Usman dan Ali Affan, perwakilan parpol dari Partai Demokrat dan PAN, serta para ketua dan anggota Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Pemilu 2019.

Menurut Anggota KPU Tanggamus Divisi Perencanaan dan Data, Hayesta F Imanda, bila jumlah pemilih Tanggamus untuk pileg tahun depan ada sebanyak 449.098 calon pemilih. Dimana rinciannya yakni, pemilih laki-laki sebanyak 229.881 calon pemilih, dan calon pemilih perempuan ada 219.217 orang. 

“Hasil penetapan DPS akan diumumkan di pekon dan kelurahan, mulai 18 Juni sampai 1 Juli, untuk mendapat tanggapan dari masyarakat, parpol, Pengawas Pemilu,” ungkapnya, Sabtu (16/6).

Untuk itu, Hayesta mengajak kepada masyarakat Tanggamus maupun Partai Politik, untuk bisa memberikan masukan kepada penyelenggara, terkait calon pemilih yang mungkin tidak atau belum memenuhi syarat dalam pemilihan pada Pileg 2019 mendatang. 

Disamping itu lanjut Hayesta,  bagi masyarakat yang memenuhi syarat sebagai pemilih tapi belum terdaftar dalam DPS, untuk disampaikan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) di pekon masing-masing.

Hasil masukan dan perbaikan yang diterima PPS nantinya dijadikan pemutakhiran data pemilih hasil perbaikan atau DPSHP. Selanjutnya barulah ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.(Odo/rls)