Permalink ke Jaksa KPK Ungkap Agus BN Terima Setoran Rp 72 Miliar dari 74 Rekanan

Jaksa KPK Ungkap Agus BN Terima Setoran Rp 72 Miliar dari 74 Rekanan

39 views

LINGKARINDONESIA.id – Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi Ali Fikri menyebut Agus Bhakti Nugroho menerima setoran Rp 72 miliar dari 74 rekanan di Dinas PUPR Lampung Selatan.

Kemudian, uang sebanyak Rp 72 miliar itu, kata Jaksa disetorkan mantan Anggota DPRD Lampung itu ke Zainudin Hasan.

“Patut diketahui bahwa uang tersebut diberikan kepada Zainudin Hasan dari ABN, Hermansyah Hamidi, Anjar Asmara, dan Syahroni karena telah memberikan jatah proyek pada Dinas PUPR selama tahun 2016 sampai 2017,” kata JPU Ali Fikri saat sidang perdana terdakwa Agus BN di Pengadilan Tipikor, Tanjungkarang, Bandar Lampung, Kamis (13/12/2018).

Ali membeberkan, pengumpulan uang fee proyek dari rekanan itu dilakukan Agus BN dalam kurun waktu dari tahun 2016 sampai 2018.

Uang itu diterima terdakwa Agus BN baik secara langsung, maupun melalui Syahroni (Kabid Dinas Pengairan PUPR Lamsel) dan terdakwa Anjar Asmara (Kadis PUPR Lamsel).

“Terdakwa menerima Rp72 miliar, dengan rincian tahun 2016 dari Syahroni sebesar Rp26 miliar dan dari Ahmad Bastian sebesar Rp9,6 miliar,” kata Ali Fikri.

Kemudian, sambung Ali, pada 2017 terdakwa kembali menerima dari Syahroni uang Rp23 miliar dan dari Rumas Effendi sebesar Rp5 miliar.

“Dan pada tahun 2018 terdakwa mendapatkan fee dari Anjar Asmara sebesar Rp8,4 miliar,” tandas Ali

Tidak hanya itu, lanjut Ali, pada bulan Februari 2016 atau setelah Zainudin Hasan dilantik menjadi Bupati, terdakwa Agus BN diangkat menjadi staf ahli Bupati Lamsel.

“Setelah itu terdakwa pun sekitar tahun 2016 diminta oleh Zainudin Hasan untuk menerima uang komitmen fee dari rekanan-rekanan di Dinas PUPR. Atas permintaan itu terdakwa menyetujuinya,” terangnya. (*/Li-1)