Permalink ke Heboh! Bayi di Lampung Utara Diberi Nama Xiaomi, Begini Reaksi Perusahaan Xiaomi

Heboh! Bayi di Lampung Utara Diberi Nama Xiaomi, Begini Reaksi Perusahaan Xiaomi

220 views

LINGKARINDONESIA.id – Kini nama merek hape asal China, Xiaomi punya kembaran bayi baru, namanya Xiaomi.

Adalah Fredi Yana, pria asal Abung Jayo, Lampung Utara itu yang memberi nama bayi perempuannya Xiaomi yang lahir pada tahun lalu.

Pasangan suami istri Fredi Yana dan Delima memberikan nama Xiaomi Fradella Naufalyn untuk putri pertamanya, yang lahir pada Agustus 2017. Selain karena seorang Mi Fans – sebutan untuk penggemar Xiaomi -, Fredi juga menyukai arti dari nama “Xiaomi”.

Berdasarkan kutipan akta kelahiran yang beredar di dunia maya, Jumat, 20 April 2018, anak pertama mereka lahir pada 15 Agustus 2017.

Namun, sang anak, Xiaomi, baru mendapatkan pengakuan sebagai warga negara yang sah pada 18 April 2018 berdasarkan akta kelahiran nomor 1803-LT-08122017-0418.

Akta kelahiran Xiaomi dibubuhi tandatangan oleh Pelaksana Tugas Kepala Disdukcapil Kabupaten Lampung Utara, Tien Rostina P.

Nama Xiaomi berasal dari Bahasa Mandarin, yang artinya kurang lebih adalah padi atau beras kecil.

Bagi orang Asia, terutama Indonesia, padi dan beras sangat bermanfaat karena menjadi makanan pokok. Fredi pun berharap anaknya kelak bisa menjadi orang yang berguna.

“Saya memberikan nama Xiaomi, karena pertama saya suka dengan filosofi namanya. Selain itu, kebetulan saya memang penggemar Xiaomi,” ungkap Fredi kepada sejumlah awak media, Jumat (20/4/2018).

Fredi mengatakan, bayinya diberi nama Xiaomi karena terinspirasi dari semangat merek Xiaomi yang selalu menyediakan produk harga terjangkau namun memiliki spesifikasi tinggi untuk produk sekelasnya.

Semangat ini juga didukung karena Fredi adalah seorang penggemar Xiaomi atau populer disebut Mi Fans, walaupun dia tak aktif dalam kegiatan komunitas Mi Fans di Lampung. Dia sekarang memakai ponsel Redmi Note 4.

Fredi, yang bekerja sebagai karyawan swasta di Lampung, jadi penggemar Xiaomi sejak tahun 2016.

Xiaomi sendiri masuk ke pasar Indonesia sejak tahun 2014 lewat produk Xiaomi Redmi 1s yang kala itu dibanderol Rp 1,5 juta.

Sebelum memutuskan memberi nama Xiaomi, Fredi mencari tahu maknanya di Internet. Dia menemukan arti kata tersebut adalah “padi kecil.”

Kata orang Jawa bilang padi kecil itu beras, makanan pokok orang Indonesia. Jadi ini adalah arti penting bagi saya,” kata Fredi.

Bayi Xiaomi sekarang berusia 8 bulan. Kepadakumparan, Fredi berbagi nama foto putri pertamanya yang sedang bermain bonek Minnie Mouse.

Dengan nama yang unik ini, Fredi tidak takut anaknya diolok-olok (di-bully) jika sudah besar nanti. Ia selalu berdoa bayi Xiaomi kelak menjadi anak yang saleh dan berbakti pada orang tua.

“Semoga jadi anak yang saleh, dan berbakti kepada orang tua, dan berguna di masyarakat,” harapnya.

Xiaomi Indonesia Bangga

Manajemen Xiaomi Indonesia telah mengetahui bahwa mereknya dipakai menjadi nama seorang bayi. Perusahaan asal China tersebut merasa bangga dan berbahagia dengan keputusan keluarga Fredi.

“Kami turut bahagia dengan kehadiran puteri dari keluarga Fredi Yana, selamat datang di keluarga besar Mi Fans, ananda Xiaomi Fradella Naufalyn! Kami bangga bahwa brand Xiaomi dapat menjadi inspirasi terhadap penamaan puteri pertama dari keluarga Fredi,” kata juru bicara Xiaomi Indonesia, seperti ditulis kumparan.com.

Xiaomi memiliki basis penggemar yang besar di Indonesia. Walau tidak agresif berpromosi melalui iklan, namun produk Xiaomi dikenal publik Indonesia berkat kekuatan komunitas yang menyampaikan kelebihan produk Xiaomi dari mulut ke mulut.

Pada kuartal keempat tahun 2017, Xiaomi menempati posisi kelima sebagai produsen ponsel pintar terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar 7 persen. Peringkat pertama masih diduduki oleh Samsung (31 persen), Oppo di peringkat kedua (25 persen), lalu ada Vivo (11 persen) dan Advan (8 persen) di posisi tiga dan empat. (*)