Permalink ke Diterjang Tsunami, Puluhan Rumah di Pulau Legundi Rata dengan Tanah Satu Warga Meninggal

Diterjang Tsunami, Puluhan Rumah di Pulau Legundi Rata dengan Tanah Satu Warga Meninggal

28 views

LINGKARINDONESIA.id – Pulau Legundi Kecamatan Punduh Pidada, Pesawaran, porak poranda diterjang ombak besar, pada Sabtu (22/12/2018) malam.

Berdasarkan laporan warga, Minggu (23/12/2018), pukul 10.00 puluhan rumah warga Pesawaran yang berada di tengah pulau itu rusak dan bahkan ada yang rata dengan tanah usai diterjang ombak besar.

Tidak hanya rumah warga saja, satu warga dilaporkan meninggal dunia dan ratusan warga luka luka.

Dari informasi yang ada, saat ini warga setempat sangat membutukan bantuan dari berbagai pihak termasuk pemkab Pesawaran.

Salah satu tokoh masyarakat setempat, Herman, menuturkan kejadian gelombang besar atau tsunami menghantam desa tersebut terjadi sekitar pukul 21.00 WIB.

“Ya bisa dibilang tsunami pak. Gelombangnya besar tidak seperti biasanya. Tingginya sampai 3 meteran. Puluhan rumah luluh lantak dan rata dengan tanah. Ada meninggal dunia juga satu orang bernama Munir,” terangnya, tadi pagi.

Menurut dia, ratusan warga yang selamat kini berada diatas gunung. Mereka sementara mengungsi untuk mencari lokasi yang aman.

“Ratusan yang luka masih proses perawatan dan mau dibawa ke rumah sakit. Ini kami masih menunggu kapal yang mau ngangkut warga,” imbuhnya.

Sementara stok makanan warga yang mengungsi masih ada. Namun diperkirakan tidak bertahan lama.

“Tadi sudah ada bantuan dari partai bang. Ada juga dari warga yang masih ada stok makanan. Tapi sudah menipis.Kalau bupati belum ada. Ini ada dari pihak puskesmas,” terang dia.

Sementara, Ketua Komisi 4 DPRD Pesawaran, Harto Susanto, berharap Pemkab setempat segera tanggap atas musibah tersebut.

“Saya meminta pemkab Pesawaran bisa cepat memberikan bantuan,” jelasnya.

Sebab daerah ini, lanjutnya berada di daerah terpencil dan belum terjangkau media. (*/Li-1)