Permalink ke Bupati Tanggamus Jadi Narasumber Dalam FGD di Bandar Lampung

Bupati Tanggamus Jadi Narasumber Dalam FGD di Bandar Lampung

8 views

LINGKARINDONESIA.id – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani paparkan Rencana Pengembangan Kabupaten Tanggamus, sesuai Visi dan Misi Sebagai Kabupaten Unggulan dan Berday Saing. Paparan itu disampaikan Dewi dalam kapasitasnya sebagai Narasumber dalam Fokus Grup Discusion (FGD) yang digelar di Bandar Lampung pada, Selasa (8/1/19).

FGD sendiri diprakarsai oleh Badan Penelitian dan Pengembangan(Balitbang) Daerah Provinsi Lampung yang berada di Teluk Betung, Kota Bandar Lampung. Kali ini, diketahui jika Tema yang diambil dalam kegiatan tersebut yakni, “Perencanaan Strategis Pembangunan Berbasis Potensi Daerah dan Pengembangan Wilayah Pertumbuhan Ekonomi Dalam Rangka Pemerataan Pembangunan”. Selain Bupati Tanggamus, hadir pula Narasumber yang juga Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof. Dr. Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA.

Dewi Handajani sebagai Narasumber  mengungkapkan, bila berbagai potensi banyak dimiliki oleh Kabupaten yang kini Ia pimpin, karenanya proses pembangunan telah mulai dilakukannya.

“Prioritas pembangunan di Kabupaten Tanggamus diantaranya percepatan pembangunan Kawasan Industri Maritim dan pembangunan jalan lingkar luar ruas Gisting – Kota Agung, sebagai ruas jalan alternatif untuk jalan lintas Sumatera.” ungkap Dewi.

Selain proses pembangunan tersebut, lanjut Bupati, perlu disadari pula, jika saat ini masih ada permasalahan yang tengah dihadapai dan sedang dalam tahap penanganan, yakni penanganan Pra dan paska bencana, dimana beberapa wilayah Kabupaten Tanggamus memiliki potensi bencana yang sangat tinggi, seperti Banjir, Longsor, dan bahkan ancaman Stunami.

“Selain hal itu, Pengembangan sektor ekonomi dengan kearifan lokal dan pemerataan infrastruktur juga menjadi fokus pembangunan yang mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tambahnya.

Dewi juga tidak menampik, bila dalam melakukan hal itu, pihaknya tidak dapat bekerja sendiri, karenanya dia mengharapkan dukungan dan bantuan dari Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat untuk pembangunan di Kabupaten Tanggamus. “Dukungan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat sangat dibutuhkan dan perlu disinergikan dengan program di Kabupaten Tanggamus, untuk percepatan pembangunan serta mewujudkan Kabupaten Tanggamus yang unggul dan berdaya saing,” harapnya.

FGD juga diikuti oleh peserta yang terdiri dari Kepala Bank Indonesia Perwakilan Lampung, Staf Ahli Gubernur, Asisten Sekdaprov, sejumlah Kepala OPD dan Kepala Biro Pemprov Lampung, para Tenaga Ahli Provinsi Lampung, Dewan Riset Daerah Provinsi Lampung, Kepala Balai Riset Lampung, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Lampung, Kepala Balai Riset dan Standarisasi Industri Lampung, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus serta sejumlah Kepala OPD Pemkab Tanggamus.(Odo)