Permalink ke Buku Pembangunan Desa Diluncurkan

Buku Pembangunan Desa Diluncurkan

19 views

LINGKARINDONESIA.id – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo meluncurkan buku keduanya berjudul Rural EKopnomics II, Meyakini Desa Mau & Mampu Membangun yang berisi mengenai pembangunan desa.

“Buku ini sama seperti tahun-tahun sebelumnya, karena bisnis modelnya kan terus berubah seperti infrastruktur, ini pendekatannya lebih pada pemberdayaan masyarakat dan ekonomi. Kita kasih contoh desa-desa yang secara ekonomi menggunakan dana desa itu berhasil,” kata Menteri Eko dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Dia memberi contoh Desa Kutuh yang dikemudian dicontoh desa-desa lain, selain itu ada bursa inovasi desa yang menurut dia seperti kelompencapir zaman dulu jadi masyarakat diajak menggunakan dana untuk pemberdayaan ekonomi.

Eko mengakui membangun desa tidaklah mudah, ia melihat langsung realitas di lapangan.

“Bangun desa itu bukan hal yang gampang tapi bukan yang tidak mungkin juga. Perlu energi yang luar biasa, tidak bisa kerja sendiri dan perlu pemangku kepentingan merangkul semua. Untuk mempercepat membangun desa maka mengajak semuanya ikut bangun desa,” jelasnya. (*/Li-1)

ANTARA