Permalink ke Aparat Pekon di Pringsewu Harus Peka Lingkungan

Aparat Pekon di Pringsewu Harus Peka Lingkungan

197 views

LINGKARINDONESIA.id – Wakil Bupati Pringsewu, H. Fauzi meminta kepada aparat pekon (desa) untuk rajin melihat kondisi sosial warganya. Jika menemukan segera laporkan ke dinas terkait supaya mendapat penanganan secepatnya.

“Jangan sampai jika ada permasalahan di pekonnya, justru orang lain malah yang melaporkan atau bahkan sudah mencuat kemana-mana baru sibuk saling menyalahkan,” ujar Fauzi disela-sela acara Nggruput (Minggu Mruput), Minggu (18/3).

Dia juga mengingatkan sebagai aparat pekon yang selalu berhubungan langsung dengan masyarakat harus proaktif menyampaikan informasi dan berkoordinasi dengan OPD.

“Jadi jangan hanya menunggu datangnya program atau bantuan saja. Sebab Pemda tidak mungkin akan tahu secara langaung kondisi masyarakat di pekon, tanpa adanya informasi dari aparat pekon maupun masyarakat,”tuturnya.

Bahkan katanya, dia kemaren ini  keliling di Pekon Wonodadi Kecamatan Gadingrejo dan menemukan ada sebuah rumah warga yang kondisinya sangat mendesak untuk dibantu penanganan.

“Ini sebenarnya kepedulian masyarakat sekitar juga perlu ditingkatkan, terlebih aparat pekonnya,”tegasnya.

Disamping itu Wabup Pringsewu  juga menekankan kepada seluruh OPD untuk terus aktif dalam menggali informasi di masyarakat dan menangani permasalahan yang ada.

“Ayo kita sinergikan program-program pemerintah untuk masyarakat dalam mengatasi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”pinta Fauzi.

Ditempat terpisah Kepala Dinas Sosial Kabupaten Pringsewu Arif Nugroho menuturkan, bahwa pihaknya selalu  rutin memberikan laporan ke Pemerintah Daerah dan langsung melakukan  penanganan  terkait permasalahan sosial yang ada dimasyarakat melalui para Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan petugas Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT).

“Guna menyamakan persepsi, gerak langkah dan meningkatkan sinergitas penyelenggaraan kesejahteraan sosial di Kabupaten Pringsewu oleh para pekerja sosial maka rutin dilakukan pertemuan dan koordinasi di setiap kecamatan masing-masing,”jelasnya. (*/Li-1)